Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Berawal Dari 19 September, Lihat Detailnya

Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Berawal Dari 19 September, Lihat Detailnya

Pemerintah melalui Kementerian Eksploitasi Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) akan mulai membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 atau seleksi CPNS 2018 di 19 September 2018.

Menteri PANRB, Syafruddin menyebutkan, supaya Indonesia mampu berkompetisi di kancah global, pemerintah terus memacu daya saing bangsa. Disorientasi satunya melalui perekrutan putra putri terbagus bangsa menjadi CPNS.

“Pemerintah membuka 238.015 formasi CPNS 2018. Sebanyak 51.271 formasi untuk 76 instansi pemerintah pusat dan 186.744 formasi untuk 525 instansi pemerintah daerah. Kami berharap, melalui pengadaan CPNS ini dapat direkrut putra putri terbagus bangsa,” ungkap dia, Senin (10/9/2018).

Advertisement

Dia jelaskan, proses pengadaan CPNS tahun ini juga mengacu di UU Nomor 5 Tahun 2014 mengenai ASN dan PP Nomor 11 Tahun 2017 mengenai Manajemen PNS.

Selain ketentuan normatif tersebut, perekrutan para abdi negara juga bakal diselaraskan dengan pertimbangan strategis terkait pentingnya menyiapkan ASN berkualitas guna menghadapi tantangan masa depan.

“Tantangan era industri 4.0 yang sarat teknologi dan informasi, serta tingginya ekspektasi masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik wajib dijawab dengan menyiapkan SDM aparatur yang berkualitas,” ucap Syafruddin.

Selain itu, ia pun mengatakan pengelolaan birokrasi kini dan ke depan tak Bisa lagi biasa-biasa aja. Untuk mewujudkan pemerintahan berkelas dunia dan melayani rakyat, Menteri Syafruddin menyatakan sistem birokrasi pemerintah RI wajib didukung dengan SDM aparatur yang punya daya saing.

“Sekalianinya salah mengelola sawah, kita akan rugi semusim. Tapi kalau salah mengelola birokrasi di karenakan tak didukung oleh SDM aparatur yang berdaya saing tinggi, kita akan kehilangan satu generasi. Dan itu tak boleh terjadi,” tutur dia.

Baca juga  Administrasi PT Poin Industria

Oleh di karenakan itu, supaya memuntukkan hasil yang optimal, pengadaan CPNS 2018 dilaksanakan melalui sistem seleksi yang ketat, transparan, bersih, dan bebas dari praktik KKN.

“Semua wajib mengikuti seleksi, bagus untuk formasi umum ataupun formasi tertentu. Untuk seleksi kompetensi dasar sepenuhnya memakai Computer Assisted Test atau CAT,” imbuh dia.

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018 mengenai Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Aplikasi Seleksi CPNS 2018, selain formasi umum, pemerintah juga membuka beberapa formasi tertentu. Antara lain, putra putri lulusan terbagus berpredikat cumlaude, penykalianng disabilitas, putra putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahrawan/Olahragawati berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks THK II.

Bagaimana Nasib Eks Honorer K2 yang Tak Bisa Empati Seleksi CPNS?

Sebelumnya, di pendaftaraan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018, pemerintah memuntukkan perhatian tertentu kedi Eks Tenaga Honorer Kategori II. Formasi tertentu pun dipersiapkan untuk mereka.

“Pada 2018 ini, pemerintah membuka 13.347 formasi tertentu untuk Eks THK II. 12.883 formasi untuk Tenaga Guru dan 464 formasi untuk Tenaga Kesehatan,” kata Menteri Eksploitasi Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin dalam pernyataan tertulis, Senin 10 September 2018.

Lantas, bagaimana eks honorer yang tak Bisa ikut seleksi CPNS di karenakan tak Bisa memenuhi persyaratan?

Menurut Syafruddin, masih ada kesempatan untuk mereka yang akan hadir dalam bentuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kedi Eks THK II yang tak memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS, tak usah kecil hati. Nanti dapat mengikuti seleksi sebagai PPPK, setelah PP-nya ditetapkan pemerintah,” jelas Syafruddin.

Lebih lanjut, Kementerian PARNRB menyebut sudah banyak tenaga honorer yang diangkat menjadi PNS. Sampai 2014, ada 1,1 juta honorer menjadi PNS. Jumlah itu merupakan 25,6 persen dari total jumlah PNS sebesar 4,3 juta lebih.

Baca juga  Lowongan Kerja di PT. Central Capital - Yogyakarta (Management Trainee, Public Relationship, Portofolio Officer, Assistant Manager)

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018 mengenai Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Aplikasi Seleksi CPNS Tahun 2018, selain formasi umum, pemerintah juga membuka formasi tertentu untuk lulusan berpredikat Cumlaude, penykalianng disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, diaspora, atlet berprestasi Internasional; dan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks THK II.

Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Berawal Dari 19 September, Lihat Detailnya

Source link : Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Berawal Dari 19 September, Lihat Detailnya

Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Berawal Dari 19 September, Lihat Detailnya | admin | 4.5