POLISI HENTIKAN PENYIDIKAN (SP3) TERHADAP HABIB RIZIEQ SYIHAB

POLISI HENTIKAN PENYIDIKAN (SP3) TERHADAP HABIB RIZIEQ SYIHAB

POLISI HENTIKAN PENYIDIKAN (SP3) TERHADAP HABIB RIZIEQ SYIHAB
Polisi membenarkan telah mengeluarkan surat penghentian penyidikan perkara (SP3) terhadap Habib Rizieq Syihab. Dua dugaan kasus yang dihentikan Yaitu kasus dugaan ‘fitnah mesum’ dan kasus dugaan penghinaan terhadap Pancasila. Pertama, penghentian penyidikan perkara (SP3) terhadap Habib Rizieq Syihab di kasus dugaan chat ‘fithah mesum’. Sebagaiman dilansir dari detik.com, Polisi membenarkan soal adanya surat penghentian penyidikan perkara (SP3) kasus dugaan chat ‘fitnah meum’ yang melibatkan Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab. Pertimbangannya ialah di karenakan polisi belum sukses menemukan sosok yang mengunduh File chat Itu ke internet.

Advertisement
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal Menyebut, keputusan penyidik untuk menutup kasus dugaan chat ‘fitnah mesum’ Rizieq berawal dari adanya surat resmi dari pengacara yang berisi permintaan supaya kasus ini dihentikan. Menanggapi surat Itu, lanjut dia, penyidik setelah itu menjalankan gelar perkara yang berujung di keputusan dihentikannya perkara.
“Ada permintaan resmi dari pengacara untuk di-SP3, lewat surat. Seusai itu dilakukan gelar perkara. Maka kasus Itu dihentikan di karenakan menurut penyidik kasus Itu belum ditemukan penguploadnya,” jelas Iqbal.
Iqbal menuturkan kasus itu Bisa kembali dibuka bila penyidik menemukan bukti baru terkait kasus ini di waktu mendatang. “Terhadap kasus ini Bisa dibuka kembali apabila ditemukan bukti baru,” terang dia.
Diketahui, sebelumnya Habib Rizieq ditetapkan Bagaikan tersangka kasus dugaan chat ‘fitnah meesum’ di Mei 2017. Polisi setelah itu juga menetapkan Firza Husein Bagaikan tersangka kasus yang Serupa di 15 Mei 2017. Keduanya Jadi tersangka Seusai chat antara diduga Habib Rizieq dan Firza tersebar melalui situs baladacintarizieq.com. Meskipun keduanya membantah tuduhan skandal Itu.
Kabar soal penghentian kasus chat Habib Rizieq ini sudah berembus di awal Juni 2018. di itu, polisi belum membagikan Elaborasi dengan cara terang-benderang mengenai dihentikan atau tidaknya kasus Itu. Kemarin (15/6/2018), bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, Habib Rizieq membuat video yang didalamnya berisi rasa syukur dan pengakuan mengenai kasus chat ‘fitnah mesum’ dihentikan oleh Polda Metro Jaya.
“Di hari yang fitri ini, kami juga ingin menyampaikan kabar bagus, alhamdulillah ya rabbil alamin, hari ini kami mendapatkan surat asli SP3 kasus chat fitnah, surat asli SP3 kasus chat fitnah, surat asli SP3 kasus chat fitnah yang dikirim oleh pengacara kami, Yaitu Bapak Sugito, yang beliau dapatkan SP3 ini dari penyidik,” Perkataan Habib Rizieq di video yang beredar. 
Sementara itu informasi surat penghentian penyidikan perkara (SP3) terhadap Habib Rizieq Syihab yang kedua, terkait dugaan penodaan Pancasila yang sudah di SP3 labih Dulu. Sebagaimana dilansir tribunnews.com, Polda Jawa Barat juga telah menghentikan penyidikan kasus dugaan penodaan lambang negara yang menjerat Rizieq Shihab. Alasanya, di karenakan kekurangan alat bukti. Kepolisian Daerah Jawa Barat menerbitkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) untuk kasus dugaan penghinaan Pancasila dengan tersangka tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.
Pengacara Rizieq, Sugito Atmo Pawiro, hari ini datang mengambil surat penghentian kasus atau SP3 di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat. Sugito memang membenarkan status kliennya telah Jadi tersangka. Namun SP3 terbit lantaran bukti yang tak memenuhi unsur, serta dari beberapa keterangan saksi dan beberapa ahli tak ditemukan bukti yang cukup. “Sehingga Bareskrim di hal ini melalui Polda Jabar mengeluarkan SP3,” jelasnya.
di kesempatan terpisah, Direktur Reserse Kriminal Generik Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Umar Surya Fana membenarkan hal Itu. Menurutnya, SP3 Itu dikeluarkan sekitar Februari atau Maret 2018. “Betul sudah lama kok,” Perkataan Umar, saat dikonfirmasi, Jumat (4/5/2018) sore.
Umar Menyebut alasan penerbitan SP3 Yaitu tindakan Rizieq dinilai bukan merupakan tindak pidana. “Hasil penyidikan menyimpulkan bukan merupakan tindak pidana,” imbuh Umar.
Sebelumnya, Rizieq Shihab ditetapkan Bagaikan tersangka Seusai Polda Jawa Barat menerima limpahan laporan Sukmawati Soekarnoputri yang dari Bareskrim Polri. Sukmawati menuding Rizieq melontarkan Perkataan-Perkataan yang tak pantas terkait Pancasila dan aduannya diterima di lapiran bernomor LP/1077/X/2016/Bareskrim.
Rizieq dilaporkan dengan sangkaan Pasal 154 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) mengenai Penodaan Lambang Negara dan Pasal 310 KUHP mengenai Pencemaran Nama bagus.


Glosarium mengenai Penyidik, Penyelidik, Penyidikan, dan Penyelidikan
Pasal 1 angka 1 KUHAP
Penyidik Yaitu pejabat polisi negara Republik Indonesia atau pejabat pegawai negeri sipil Eksklusif yang diberi wewenang Eksklusif oleh undang-undang untuk menjalankan penyidikan.”
Pasal 1 angka 2 KUHAP
Penyidikan Yaitu serangkaian tindakan penyidik di hal dan menurut tips yang diatur di undang-undang ini untuk Menelusuri serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang mengenai tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya.”
Pasal 1 angka 4 KUHAP
Penyelidik Yaitu pejabat polisi negara Republik Indonesia yang diberi wewenang oleh undang-undang ini untuk menjalankan penyelidikan.”
Pasal 1 angka 5 KUHAP
Penyelidikan Yaitu serangkaian tindakan penyelidik untuk Menelusuri dan menemukan suatu peristiwa yang diduga Bagaikan tindak pidana guna menentukan Bisa atau tidaknya dilakukan penyidikan menurut tips yang diatur di undang-undang ini.”

Jadi, Penyelidikan merupakan tindakan tahap pertama permulaan “penyidikan”.  Sebelum melangkah menjalankan Inspeksi penyidikan seperti penangkapan atau penahanan, wajib lebih Dulu diadakan penyelidikan guna mengumpulkan fakta dan bukti, Bagaikan landasan tindak lanjut penyidikan.

Baca juga  Lowongan Apoteker Penanggung Jawab PBF PT. Bintang Multi Global full time

= Baca Juga =



Source link : POLISI HENTIKAN PENYIDIKAN (SP3) TERHADAP HABIB RIZIEQ SYIHAB

POLISI HENTIKAN PENYIDIKAN (SP3) TERHADAP HABIB RIZIEQ SYIHAB | admin | 4.5