REKRUTMEN TENAGA FASILITATOR LAPANGAN (TFL) PROGRAM SANIMAS IDB TA 2018

REKRUTMEN TENAGA FASILITATOR LAPANGAN (TFL) PROGRAM SANIMAS IDB TA 2018

Rekrutmen Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program SANIMAS IDB TA 2018. SANIMAS atau Sanitasi Berbasis Masyarakat Yaitu program untuk menyediakan prasarana air limbah untuk masyarakat di daerah kumuh padat perkotaan. Menyusul kesuksesan pilot program di enam kota di tahun 2003-2004, Berawal Dari tahun 2005 Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk melonjakkan sumber daya di mendukung replikasi dan scaling-up pendekatan fasilitas sanitasi terdesentralisasi berbasis masyarakat (decentralized wastewater treatment systems –DEWATS) dengan cara nasional melalui program SANIMAS ini.


di pembangunan fasilitas Sanimas, digunakan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat aktor utama di proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal, dengan tujuan supaya fasilitas yang terbangun Bisa membagikan manfaat yang berkelanjutan. Konsep Itu memakai prinsip-prinsip pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan berbasis-masyarakat seperti: pilihan yang diinformasikan Bagaikan dasar di pendekatan tanggap kebutuhan, air merupakan benda social dan ekonomi, pembangunan berwawasan lingkungan, peran aktif masyarakat, serta penerapan prinsip pemulihan biaya.
Sejak tahun 2010, pembangunan fasilitas sanimas ini didukung penuh oleh Dana Alokasi Eksklusif bidang Sanitasi yang sudah terpisah dengan DAK bidang Air Minum. Selain didukung pula oleh pendanaan APBN Direkotrat Jenderal Cipta Karya – Kementerian PU, pemerintah pusat juga mendorong pembangunan fasilitas sanimas melalui dukungan dana luar negeri dan dana APBD melalui berbagai kerangka program. 
SANIMAS Jadi Program Nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Generik yang setelah itu Jadi dasar replikasi beberapa program sanitasi  serupa. (seperti, USRI, SLBM, DAK Sanitasi). Mengingat masyarakat Bagaikan subject dari program pembangunan ini maka pemberdayaan masyarakat yang menerima program Jadi suatu keharusan untuk keberlangsungan program, supaya tak hanya sekedar membangun fisik bangunan sanitasi akan tetapi juga membangun mental dan sikap masyarakat terhadap persoalan sanitasi. Penyiapan Masyarakat meliputi  : 1) Pelibatan di penentuan titik lokasi/seleksi lokasi berdasarkan kebutuhan dengan prinsip Demands responship aproach. 2) Pelibatan di konstruksi 3) Pelibatan di monitoring konstrusi; 4) Operasional dan pemeliharaan; 5) Pelatihan manajemen konstruksi; 6) Pelatihan tukang dan mandor kounstruksi; 7) Pelatihan operasional dan perawatan; 8) Pendampingan paska konstruksi.
di rangka memfasilitasi masyarakat untuk pembangunan Sarana Sanitasi Lingkungan Permukiman, Central Project Management Unit Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) IDB membagikan kesempatan kepada saudara/i yang memenuhi kualifikasi untuk Jadi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Sanimas IDB TA 2018.
Berikut Pembertitahuan Lengkap Rekrutmen Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program SANIMAS IDB TA 2018.

Advertisement



Demikian info mengenai Rekrutmen Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program SANIMAS IDB TA 2018. Semoga bermanfaat. 



Baca juga  Penerimaan Tenaga Non PNS RSUD Bali Mandara Provinsi Bali Tahun 2017

= Baca Juga =


REKRUTMEN TENAGA FASILITATOR LAPANGAN (TFL) PROGRAM SANIMAS IDB TA 2018

Source link : REKRUTMEN TENAGA FASILITATOR LAPANGAN (TFL) PROGRAM SANIMAS IDB TA 2018

REKRUTMEN TENAGA FASILITATOR LAPANGAN (TFL) PROGRAM SANIMAS IDB TA 2018 | admin | 4.5